Thursday, March 1, 2007

Membuat Blog : Apa yang perlu diketahui?

Saya mendapatkan pertanyaan ini melalui email dan menurut saya alangkah baiknya jika jawabannya juga diharing melalui blog ini, sehingga kita bisa sharing/diskusi/memberikan tips terbuka atas pertanyaan ini.

------------------------------------------------------------
Dari : Khaira (Member TDA juga loh;-))

Khaira Rizfia wrote:

Assalamualaikum Wr.Wb.

To Mbak Doris yang baek hati

Wa’alaikum salam mbak Khaira yang baek juga dan member TDA yang sangat luar biasa semangat belajarnya. Aduh-2 pertanyaannya banyak juga yah, aku mo pingsan dulu ah…heheh..abisan kaget juga dapet berondongan pertanyaan seperti ini.

Pingin rasanya punya blog/web seperti punya mbak, Simple dan informatif.
Bisa punya bisnis on-line seperti srikandi-srikandi TDA
Gimana caranya ya...

Aku tarik napas dulu deh untuk ngejawabnya :-), niatku semoga apa yang aku jawab melalui email mbak ini bisa digunakan juga oleh teman-2 yang lain yang ingin juga bikin blog hingga nantinya bisa bikin web sendiri yang simple dan mengoptimalkan web tsbt untuk bisnisnya masing-2.

Sebagai langkah awal, saya lebih suka kita mulai dengan membuat blog dulu ya mbak khaira, karena sangat mudah dan yang terutama adalah GRATIS. Tidak usah pusing untuk membeli domain* dan hosting* di mana. Saya akan jelaskan lebih jauh di bawah nanti ya, kata-2 yang saya beri tanda * itu. Biar lebih jelas gitu loh :-)

Nah cara buat blog itu aku rangkum disini ya mbak, insyaAllah aku lanjutkan dengan cara buat website yang mudah nanti. Intinya kalau buat blog itu tidak offline loh, beda dengan buat website yang bisa offline dan tinggal upload saja file-2 yang kita inginkan muncul di web ke server paling tidak untuk proses pembuatan pertamanya.

Karena aku familiar dengan blogger.com, maka aku jelasin nya yang ini aja ya, sebenernya banyak koq yang nyedian blog gratis kaya multiply, wordpress, blogsome dll.

Oke, kita lanjut yah :-), pertama daftar dulu ke blogger.com

Satu

Buka blogger.com

Dua

Di bagian bawah ada link yang berwarna orange berjudul "Create a blog in 3 steps", klik tanda panah nya yang berjudul "Create Your Blog Now" itu dan mbak akan dipandu untuk membuat blog.

Tiga

Ikuti saja langkah-2nya ya. Dimulai dengan mengisi email address (rekomendasi saya pake google account ya mbak, hingga nanti kalau pingin naro iklan-2 adsense google di blog kita itu mudah diapprove sama si googlenya). Tapi kalau belum punya google main juga gpp kok, mulai saja dulu dengan yang ada, iya kan ? Kemudian masukkan password, display name (nama yang akan muncul dibawah artikel yang akan kita posting nantinya) dan jangan lupa tick "Acceptance of Terms" sebelum menekan tombol "Continue" yah.

Empat

Nah disini kita mulai menamakan blog yang ingin dibuat.

Masukkan blog titlenya dan pilih namanya dan teruskan dengan menekan tombol "Continue".

Misalnya saya masukkan di blog titlenya (membuat blog gratis) dan di blog namenya (membuatbloggratis)


Lima

Pilih template (background blog, style font dan aturannya) dari template-2 yang telah disediakan untuk kita. Misalnya saya pilih yang pertama "Minima" (nanti jika mau diubah-2 warna background dll nya gampang banget koq mbak). Teruskan dengan menekan tombol "Continue" yah.

Enam

Jadi deh blog pertama kita, coba perhatikan kata-2 nya "Your blog has been created". Untuk melihat blog kita, maka kita harus posting dulu mbak, nah lanjutkan dengan menekan tombol "Start Posting" yah.


Tujuh

Akan muncul layout seperti kita menulis email ya mbak, silahkan masukkan judul dan tulisan yang mau dimasukkan di postingan pertama ini :-) coba untuk terbiasa dengan toolbar yang disediakan ya, misalnya untuk mengubah jenis font menjadi lebih besar, lebih tebal, mengganti warna font dan juga membuat link ke website lain (icon rantai disamping icon T) dan juga untuk menambahkan gambar (icon disamping icon ABC).

Delapan

Jika sudah selesai, tekan tombol "Publish" yah. Akan muncul kata-2 "Your blog published successfully". Klik link dibawah kata-2 tersebut ya "View blog in a new window" untuk melihat blog perdananya kita :-D Misal untuk contoh ini saya membuat blog www.membuatbloggratis.blogspot.com Nah muncul deh postingan saya yang pertama...hip hip horeee...jadi kan.

Sembilan
Jika ingin posting lagi, dikemudian hari masuk aja ke blogger.com nya dan pilih "Sign in New Blogger", silahkan masukkan email address mbak di login name dan passwordnya, nanti mbak akan lihat list semua blog-2 yang dimiliki oleh mbak yang terdaftar dengan email address yang sama. Silahkan klik Posting ya untuk melakukan posting tulisan mbak ya (ikuti langkah Tujuh ya)

Nah silahkan dicoba dulu ya mbak khaira, saya mau mandi dulu, siap-2 ngantor hehe...insyaAllah nanti saya lanjutkan lagi di kantor yah.


Doris Nasution | 0815-860 38 678 | 021 - 30851867

96 comments:

Rahma said...

Mba Doris, terima kasih udh share blog ini...
Saya dah nyoba bikin blog sendiri, nih. Tapi saya punya satu pertanyaan sederhana (yg ternyata tdk sederhana buat saya he he)
Di Blog saya tercantum alamat email saya di ujung kanan atas halaman webnya... Gmana cara menutup atau menghilangkannya yah?
Mudah2 Mba Doris bisa luangkan waktu,Mba buat pertanyaan saya..
Thx
Yulie

internet marketing said...

dear : Mbak Doris

thank's untuk mbak doris telah bersedia berbagi ilmu di blog ini,penjelasan ringkas sederhana mudah dimengerti oleh kami yang baru belajar nge blog, kalau boleh saya mohon penjelasannya dari Mbak Doris,bagaimana caranya untuk bisa nge link ke beberapa artikel dalam satu halaman, juga bagaimana caranya untuk bisa nge link kehalaman lain masih dalam blog kita sendiriaku bikin blog d blogger .com

thanks
john shd bandung

sebentarsaja said...

artikelnya bagus....
dari ngebaca artikel ini aku jadi bisa ikutan buat blog...makasih ya....salam kenal... :-)

irra blog said...

mbak doris makasih ya artikelnya
berkat itu saya bisa bikin sebuah blog.kalau mbak mau silakan buka blog saya
http://innightfallstory.blogspot.com

LostVenuS said...

thx..

Ello Aris said...

Mau info dunia penulisan yang remaja banget? Perlu lo tongkrongin blog http://elloaristhosiyoga.blogspot.com silahkan klik saja. Alamat penerbit? Alamat Majalah? Beserta email- emailnya? Ada! Info buku apalagi yang Bestseller? Wow Ada! Rangkaian seputar novel, cerpen, teenlit, chiclit and genk-genknya? So pasti ada! Info Sastra dan kawan-kawannya? Ada! Dunia penulisan? Ada! Dunia jurnalistik? Ada! Apa itu sinopsis? Ada! Cara-cara penulisan? Ada! Sekilas tentang musik? Ada! Info blog gratis? Ada! Atau yang paling asyik, mau baca cerpen-cerpen keren yang Gratisan? Or Free? Wow, ada banget, hanya untuk lo. Asli buat lo deh anak nongkrong Blog ini. Pokoke edukatif. Juga ada seabrek info gaul buat lo pecinta dunia penulisan.
Sangat menariiik banget!!!! Paling gress deh.

Suara Fajli said...

makasih ya mbak..
tapi masih banyak yg g'ngerti nich tuk membuat lebih bagus blognya..
bagi teman2 yg mw mampir..monggo di fajlirooms.blogspot.com
tp untuk saat ne baru sedikit..
key?!

ras said...

WaH...
Trims beRat Nie aTas InfoNya..
Sy JaDi BiSa Buat log SeNdiri..

Sendie Aprillio said...

thanks ya mba boRis...


senengnya pny blog bikinan sendiri.

tp Q mo lanjutn bsok za!!!

tar klo aq msh bingug boleh ya

ngerepotin mba doris.

thxs..

lanjutin mandiny,,

He6x...

Delisma Wisnu A said...

suwun mb
kula nyasar badhe damel blog ko boten saged malah ketmu kaleh blog'ipun jenengan...paas
suwun sanget

rahmah said...

tadinya aku udah coba bikin blog sendiri, sukses sih tapi aku bingung mau ngebuka lagi dan masukin apa yang ku ingin. setelah baca di blog ini aku jadi tambah deh ilmunya, thank's ya mbak

Blog untuk ungkapan kenyataan Hidup said...

Mba thanks untuk informasi blognya mba tp aku msh awam ni untuk buat 2 blog da utak atik blog.... jd aku msh kakau .. untuk gunainnya mba... aku mo nanya ap cara2 menggunakan blog sama dgn friendster so klu friendster aku bisa mba... aku mo nanya jg apa blog bisa d pake bisnis dan bagaimana cara memasukan gambar2 atau foto kita ke blogg..
dan juga bagaimana cara menyimpan alamat blog rang( maksudnya seperti nge add ) kalau d friendster) apa d blog jg kita bisa ky gtu mba... maaf ni mba jd repotin .. bukan maksudnya mo ganggu ya mba so kan mba udh awam gunain blog tlg kasih tau ak ya mba.... ^^

kurniawan.com said...

mbak aku coba akses blog aku dari search engine kok gak muncul yah?

Ruth Praheksa said...

terima kasih mbak ^^
berkat blog mbak, Q dah clcein tgs ku..

Thony Ganebo said...

Mba aku sdh bikin Blog. aku cari di Search angine ko ga bisa ya

Thony Ganebo said...

MBa Doris aku sdg buat blog namun ada yg belum terjawab nih mba.. ko aku cari di Search engine ga bisa ya??? Mohon dibantu mba utk caranya.
Tks

wedy said...

mbak doris mo nanya nih.1.klo alamat dah didaftarin ke enggine ternyata alamat kita rubah. gi tu tuh mo alamat yg baru didaftarin juga .2. klo satu alamat ua tampilan gimana hapus salah satunya oke sukses thx's

Modem Internet Mobile said...

For the firts time, say thanx ya walau gak kenal...tapi dari blog ini aku bisa buat blog..

Mba..
Sharring untuk cara daftar di google search nya donk...

oia kunjungi blog aku ya (narsis neh) http://modeminternetmobile.blogspot.com/

Little Princes said...

thank atas tutorialnya
mba aku mau tanya gimana caranya agar blog aku terindex di google yach

H@ND1K@ said...

Wah jd penasaran ingin coba bikin blog ni, Untung ada blog ini...

thanks banget y...

Ini blog aq, kunjungi y tp msh dikit hix...

http://hand1ka.blogspot.com/

Salam Kenal and Maju Terus Dunia IT

TELENIDA PULSA said...

kalau udah bikin blog ,biar bs masuk ke google gmna ya bos?aku dah utak atik masih blm nongol jg nih...............

TELENIDA PULSA said...

kalau udah bikin blog ,biar bs masuk ke google gmna ya bos?aku dah utak atik masih blm nongol jg nih...............

TELENIDA PULSA said...

kalau udah bikin blog ,biar bs masuk ke google gmna ya bos?aku dah utak atik masih blm nongol jg nih...............

TELENIDA PULSA said...

biar cepet masuk google gmna bos?????????/

TELENIDA PULSA said...

kalau udah bikin blog ,biar bs masuk ke google gmna ya bos?aku dah utak atik masih blm nongol jg nih...............

Blue Net Comp said...

udah blog, tapi belum bisa cara masuknya ke ngedit

antohaikalkaban.blogger.com said...

TOLONG DONG BUATKAN BLOG,WEB GRATIS ONLINE SAYA PEMULA AGAR SAYA BISA BUAT ARTIKEL,UNEG2,IKLAN.

Iwan (black art).... said...

Mba Doris yang baik,saya baru bikin blog nih.. tapi saya pengen masikin foto saya di blog itu, dan saya udah coba beberapa kali tapi tetep aja ga bisa bisa. tolong dong mba Doris yang baik kasih penjelasan nya.... makasih ya Mba Doris..

mutiaraku said...

Thanks a bunch buat Mbak Doris atas ilmu yang udah dibagiin ke kita2, jadi kita semua bisa bikin blog sendiri.Tapi saya masih bingung nich cara masukin gambar ke blog kok agak lama prosesnya ya Mbak, apa memang begitu?

sariddin said...

mbak Doris, maksih infonya melalui blognya, saya telah berhasil membikin blog dengan tuntunan mbak tapi maaf mbak masih kosong, bingung apa yang mau diisikan, tapi sekali lagi saya sangat berterima kasih atas tuntunannya

Ade Indra said...

mbak kenapa tulisan saya gk muncul d blog saya...
apa yg salah y?
saya ngk ngerti neh mbak doris??
tolong y...
jawaban nya....
:)

THE DODOL said...

makasih yaa..mba Doris..dah dapet pelajaran blog gratis...

Ahyat Ladibi said...

.:INVESTASI-99 | INVESTASI CERDAS | PELUANG USAHA:.

"Hari Ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini"

Baru Launching. Dengan Konsep Terbaru dan Berani Tampil Beda. Raih 3,6
Juta dengan hanya 3 tahap di jamin super Cepat (Bukan jualan E-book
lho, e-book kan Sampah).

Langsung saja deh kunjungi dan pelajari systemnya dan Lihat uang akan
Mengalir ke rekening anda. Di sini tempatnya,
http://www.investasi-99.com/?ref=121
http://www.investasi-99.com/?ref=55

PT. Pentafilpro Indah said...

Postingnya OK banget !! banyak membantu.. Thx

PT. Pentafilpro Indah said...

blog kita dapat dicari lewat google search engine atau tidak? klo bisa "kata: apa untuk cari blog kita? dariLabel, Judul atau apa?..
Mohon informasinya... Thx

THE DODOL said...

izin bookmark...plus salam kenal yaa...trims tips-tips blognya.

Teknologi Informasi Dan Komunikasi said...

bagus sekali tutorialnya,moga manfaat,mampir dong di :www.clubkartupulsa.blogspot.com
rugi loo kalau ndak mampir

Army Of God said...

Thanks Banget Ilmunya...Senang rasanya melihat Kreasi sendiri...Pinginnya nanya lebih banyak lagi.....Thanks

Anonymous said...

waaaahhh mba matur nuhun nih bwt bimbingannya bikin blog...

Unknown said...

q mw bljr ah ....thx ya mbak ,

Irsyad Mughis Khaizura said...

biar udah ketinggalan gpp dari pada ngga pernah, mau coba ach..............

Unknown said...

Salam kenal bos dari oviservis,tngs.atas panduanya.tapi saya masih kesulitan buat blog soalya aku baru belajar.salam kenal dari oviservice@gmail.com

Arif said...

Investasi aman hanya di http://www.asetmandiri.com/?info=untukmelihatnya

Arif said...

Investasi aman hanya di http://www.asetmandiri.com/?info=untukmelihatnya

samson's said...

to doris nasution,
terimakasih atas bantuannya, dengan membaca blog ini saya bisa punya blog sendiri. semoga anda punya waktu lagi untuk membantu dan sharing ke kami..
Salam kenal..Samsons

Money from Internet said...

makasi banyak...

http://dso.mine.nu/panasaran/

Priessoundr said...

Mba Doris, makasih ya infonya.
Sekarang saya sudah punya blog sendiri.
Salam kenal
ronny bhayuda

Unknown said...

makasih caranya sangat mudah dan padat Astaga.com lifestyle on the net

sport corner said...

SELAMAT TAHUN BARU 2010


ADMIN FACEMIEN.COM

Unknown said...

Nice ..
Mau yang gratis semuanya ada disini
Download Film gratis disini >> http://www.updatemovie.co.cc/
Download Film gratis disini >> http://www.1001movie4u.co.cc/
Download Film gratis disini >> http://www.newmovie4u.co.cc/
Mau Tau Caranya Download Gratis disini >> http://www.101caradownload.co.cc/
Mau Cari Iklan Terbaru disini >> http://www.tanyaiklan.co.cc/
Info Lowongan Terbaru disini >> http://www.kerjadikaltim.co.cc/
Mau Tau Caranya Bisnis Online disini >> http://www.samarindabisnis.co.cc/
Peluag Bisnis Terbaru dan Termudah disini >> http://www.ada-peluang.co.cc/
Tempatnya Dowload Gratis ada disini >> http://www.101macam.co.cc/
Serba Gratis ada Disini >> http://www.usahabaruinternet.co.cc/

banta_amat said...

Terima Kasih atas cara membuat bloggratisnya..kalo ada tips untuk membuat blog menjadi lebih menarik itu lebih bagus lagi..

Album photo film said...

Mbak Doris, makasih arahannya ... sip abis ...

Dear Mbak Doris dan Teman's,
Inginkah photo – photo penting anda terdokumenstasikan dengan baik …
Inginkah photo – photo penting anda tidak rusak termakan usia …
Inginkah photo – photo penting anda menjadi sesuatu yang indah saat dinikmati …
Kami punya solusinya …
Kunjungi kami di http://albumphotofilm.blogspot.com

aam komandan said...

TIPSNYA BAGUS BANGET BANG,,, THANKS YACH... JALIN SILATURAHIM DONK http://aamwatumalang.blogspot.com/
HEHE

Wildan said...

Boleh juga mbak tutorialnnya

From

Wildan
(Blog Gratis) http://beligentbisnis.blogspot.com

unix said...

sudah ku ikuti cara 2 bikin blog..hehe...ketinggalan banget yak.....cuma susahnya ni, karena jarang nulis,,maka pake mikir lama mu nulis apa...ada masukan???

My Fashion said...

Thanks ya mbak ilmunya......

football said...

hebat bos penjelasannya

http://allthesoccer.blogspot.com/

sport corner said...

salam kenal ya mbak. saya juga blogger (buat blog), joomlower (web joomla)tapi anti facebook

kunjungi ya http://facemien.com/

orifmisoyun said...

blognya bagus,dah lama sebenernya pingin buat blog tapi ge kesampaian setelah baca blog ini, tx yaw...lam kenal...^_^

adek said...

saya sudah buat blog mbak tapi kok belum diterbit kan ya?gimana cara nya agar cpt di terbitkan tlg dong bantuin!.

Anonymous said...

cip-cip-cip... thank's

ei_nna said...

mkci y mb buat cara".na..
akhirnya aq pnya blog.. :D

htpt jateng said...

gimana caranya membuat menu bar di blog?

rina said...

teng yu mbak, aku sekarang dah bikin blog, ditunggu tips dan trik selanjutnya

Tati Rahma said...

Dear mba Doris...
Makasie ya mba.....
Aku mau mencoba bikin blog nie, sangat terbantu sekali dg info dari mba...
Thx ya,
Tati

Nietha said...

mecoemzzzzzz mbak.......!

mkcih yah , udah bgi2 ilmunya ,.........!
kgum aq ma mbak ..........!

Ternyata msh ad yang mau bagi ilmunya tnpa bayar ...!

hehehehehehe

blh tnya something ga ?

tyuz bis blog kita jadi , ap iya blog itu secra otmtis lngsung msuk ke google.com
toew blog itu cuma kita aja yang buka ,,,?
loew ga msuk ke google blog kita masuk dmn ?

Nietha said...

hehehehehe..........

mbak ga jd deh tanya yang itu td , bis trnyta wktu aq baca all comment nya mbak , ternyata blog itu ga lngsung masuk di google.
Harus diotak - otak dlu.
Eh salah Otak-atik dlu deng .....!

hehehe

bntuin dund mbak macukin ke google nya , gni2 khan uga mu exizt....!

hehehehehe

mksih yah mbak .......!

Nietha said...

Mbak fto ku kok ga nongol yah ........?

pdhl tu fto pualing imoetzzzzz loh .....!


GEDUBRAK...k...k..k.k.......!


hehehe
muph mbak kebnyakan tnya yah ?


hehehehehehe

mklum baru aj gabung , blh khan bnyak tnya ?

Amalia said...

mba doris, saya sdh berhasil buat blog, tapi pada saat ada posting tidak bisa dan ada pesan : "Tulisan tidak disimpan karena kesalahan formulir"

Bagus Cahyo Jaya Pratama said...

Cara buat blog gratis gimana supaya kalau dibuka pakai hp langsung gratis tidak memakai pulsa ? Ajari aku langkahnya.

Bagus Cahyo Jaya Pratama said...

Apa saja tag html untuk membuat blog? Serta beri contoh tag html untuk membuat tulisan berubah warna.

"envy online shoping" said...

mbak doris,,kenapa blog aku gak ketemu pas search google ya?apa ada yg kurang..tengkyu ^^

Dsy Poenya said...

Mbk Doris terima kasih y,,info dari blog nya sangat membantu saya yang dah lama pengen bikin blog, n baru bisa bikin sekarang setelah tau info dari mbk,,

thx,,salam kenal desy..

Pulau seribu eksotis said...

Saya juga baru buat blog lewat hf..!

Cahaya inspirasi78 said...

Horeee..skrng punya blog,makasih ya mba,lam kenal..end jgn bosen turunin ilmunye..tks.tks.tks..cahayainspirasi78.blogspot.com (tp msh kosong,maklumlah..hehe)

Diyah setyo said...

bisa gak kita membuat 2 blog yg berbeda dalam satu konten, misalnya saya sudah punya blog di blogger, tapi saya pengen buat lagi dengan nama yg berbeda karena buat usaha on line thx

THE DODOL said...

bisa dung, daku ajaa ada beberapa blog.walaupun isinya sama..kita kirim tulisan dari email ..satu judul yang sama kita kirim ke beberapa blog yang kita punya.

Bazar Post said...

blog bagus, comment dah banyak. sedangkan punyaku belum banyak yang komentar. btw, ada info baru rahasia cara membuat blog dengan trik khusus. temukan rahasianya di http://bazarartikel.blogspot.com/2011/05/rahasia-buat-blog-bisnis-online.html

Faisal said...

Mba Doris, terima kasih loh dah mo share cara bikin blog. ternayata bikin blog itu tidaklah sulit seperti yang saya pikirkan kemarin. namun ada yang ganjel nih, gmna caranya membuat orang tertarik sama blog kita.
sementara itu dulu deh mba, untuk waktu dan sarannya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Sahabat Satker said...

makasih infonya, ini ada cara bikin blog yang lain, silahkan liat di newbie blogging

ridha amaliyah said...
This comment has been removed by the author.
ridha amaliyah said...

hiii...

salam kenal,
terima kasih info nya.. nih aq langsung praktek.. dan,
berhasil, berhasil, berhasil **dora mode on

ridaamaliyah.blogspot.com

endireski@yahoo.co.id said...

saya udah baca tuh blok mba ? cuman saya bingung cara membuta nya dari awal? apa kah harusa pake program? hehe

endireski@yahoo.co.id said...

gimana cara bikinya mbak? saya binung harus dari awalnya ? coba aja kirim ke imel saya

Ristiana said...

wah mkasih bgt y mbk,,, good,,good,,,thanks,,sukses y..

Kang Muroi said...

tengku gan infonya, aku juga baru bikin blog, minta banyak sarannya ya...

hanifah said...

ijin share yaaa... makasih yaaa

jual ebook murah said...
This comment has been removed by the author.
jual ebook murah said...

Thanx buat info'y mba.. bermamfaat dan bergunan sekali buat blogger pemula seperti saya..

buat yg butuh ebook
http://www.jual-ebook.co.cc/

Unknown said...

hai,,salam kenal,,,
makasih info'nya mantepph

Unknown said...

makasih gan atas informasi nya...!salam bloger...!

Unknown said...

http://www.arsitekbojonegorotuban.blogspot.com

http://www.interiormalang.blogspot.com

http://www.bajaringansurabayamalang.blogspot.com

http://www.tokoonlinebahanbangunan.blogspot.com/

http://www.tokobangunanterlengkap.blogspot.com/

http://www.tokobukudannovel.blogspot.com/

http://www.peluangbisnisproperty.blogspot.com/

http://www.chemshieldindonesia.blogspot.com

http://www.desaininteriormalang.wordpress.com

http://www.iklaninternetcepatlaku.blogspot.com/

http://www.ferdykontraktormalang.blogspot.com

http://www.greenvillaconcept.blogspot.com/

http://www.cattekstur.blogspot.com/

http://www.rangkaataprumah.blogspot.com

http://www.tiketpesawatmurahindonesia.blogspot.com/

http://www.johancable.indonetwork.net/

http://www.pengelolauang.blogspot.com/

http://www.rangkaataprumah.wordpress.com/

http://www.tokobangunan.kaffah.biz/

http://www.bajaringanmurah.indonetwork.co.id/

http://www.kitchensetmalangsurabaya.blogspot.com/

http://www.kontraktoreastjava.wordpress.com

http://www.merieminasamudra.indonetwork.co.id/

http://www.johancable.indonetwork.net/

http://www.malanganggunsejahteralawang.wordpress.com

Unknown said...

Numpang promo ya....
Bagi anda yang hobi blogging,dan memiliki banyak situs blog namun sulit atau cape memposting artikel ke sekian banyak blog yang anda miliki,kini sudah ada plugin yang dirancang khusus untuk membuat postingan secara otomatis ke semua blog yang kita kelola,namanya BLOGSHOT PRO. Penasaran.....???? Silahkan kunjungi situs resminya di http://adikputra.com/blogshotpro/?disc=1767592950

khamimnugroho said...

Enak nih. Kalo ada petunjuk buat blog satu persatu. Gak membingungkan.
Sekedar sharing guys.
Nih, sebenarnya ada banyak platform blog gratis yang bisa dipake. Gak melulu wordpress dan blogger. Ms banyak yang lain daan punya templat yang bermacam bagus. Gue ud coba semuax.. hehee..
Mumpung gratis

Julka Hendri said...

Blog gratis juga bisa pakai cms asli indonesia, mau coba? Cek di postingan saya

Julka Hendri said...

Dari link berikut
http://jhnworld.blogspot.com/2014/03/blog-gratis-ala-ajiecms.org.html